Resume Buku Filsafat Pengetahuan (Barat Modern dan Tradisi Teknikisme)
Masuknya Tradisi Ilmu ke Dunia
Barat
Suatu
malam sehabis melaksanakan shalat isya bersama Kaisar, Bert duduk bersila. Beth
diam bertafakur. Shalat yang diimami Kaisar dengan Muazin Marhum begitu mempesona.
Surat Ar Rahman yang dibaca Kaisar saat melaksanakan shalat Isya yang dimaksud.
Ia menyadari keagungan Tuhan yang pemurah hati. Kadang Bert merasa malu atas
semua tindakan-tindakannya yang dirasa berjarak dengan semangat Ketuhanan.
Sehabis
melaksanakan shalat Isya, Kaisar, Bert dan Marhum makan malam. Kaisar mengawali
pembicaraan malam itu dengan mengatakan mengapa dunia Islam terbelakang dan
mengapa Barat maju dalam episode terakhir? Bert dan Marhum terdiam diri.
Kaisar
kembali mengambil alih pembicaraan. Ia mengatakan bahwa Barat maju karena
filsafat Averros (Ibnu Rusyd) yang cenderung Aristotalian masuk ke Eropa
melalui Cordova, Spanyol. Di zaman dulu, Spanyol adalah Negeri jajahan umat
Islam.
Ketika
Kaisar mengatakan Spanyol sebagai Negeri jajahan umat Islam, Bert terperanjat
dan kemudian bertanya. Apa betul dunia Islam pernah menjajah? Bukankah penjajahan
sangat dilarang dalam prinsip-prinsip islam?
Kaisar
dengan landai menjawab: Bagaimana mungkin aku tidak harus mengatakan
penajajahan, sebab selama hampir 500 tahun dunia Islam bercokol disana, hampir
tidak ada bangsa Spanyol yang masuk Islam.
Lalu
dimana aku harus menempatkan Ibnu Rusyd dalamkaitannya dengan kemajuan Barat
Kontemporer? Kata Bert berapi-api. Kaisar mengatakan “setiap cara berpikir akan
berpengaruh secara langsung terhadap cara bertindak. Bagaimana manusia
bertindak dan berbuat,itu didorong oleh corak berpikirnya.” Ibnu Rasyd yang
Aristotalian itu, sejatinya mengubah mindset masyarakat Barat untuk memiliki
kesadaran empiris. Kesadaran empiris inilah yang menyebabkan manusia berbuat
dan bertindak. Nah, Ibnu Rasyd itu bukan hanya sekadar Muslim, tetapi, iajuga
merupakan pelanjut dari tradisi ilmiahmasyarakat muslim tiga abad sebelumnya, yang
gandrung akan fenomena keilmuwan yang cenderung Aristotalian.
Komentar
Posting Komentar