Resume Buku Struktur Fundamental Pedagogik (Struktur Fundamental Pedagogik Umum)



Hakikat Pedagogik-Pedagogi
Istilah pedagogi merupakan salah satu konsep muasal dari pendidikan, berasal dari kata “Paedos”, yang berarti anak laki-laki, dan “agogos” yang berarti mengantar atau membimbing. Seiring berjalannya waktu, istilah paedagogos berubah menjadi pedagog dan berlaku sampai saat ini.
A.    Pedagogik Amerika 1819-1929
Pedagogik dimasa lalu pernah dianggap terbentuk oleh kemampuan-kemampuan pendidik/pedagog yang disebut instinct, tact, dan inspirasion (Salvatori, 1995: 233-234). Instinct, tact, dan inspirasion adalah kemampuan bawaan, terbawa ketika individu dilahirkan.

B.     Pedagogi Sebagaimana Disarankan Power
Seorang penulis abad ke-20, Edward J. Power dengan bukunya Philosophy of Educatio, Studies in Philosophies, Schooling and Educational Policies (1982) memetakan komponen-komponen pendidikan dalam kaitannya dengan implikasi-implikasi yang ditariknya dari beberapa aliran filsafat pendidikan. Komponen-komponen tersebut mencakup:
1.      Educational purpose
2.      The Place of students
3.      The Role of teachers
4.      Curriculum
5.      Method
6.      Social education
7.      Liberal education
8.      Teaching of religion
9.      Indoctrination
10.  Partisan Teaching dan
11.  Scientific humanitarianism
C.    Pedagogi Sebagaimana Disarankan Brubacher
Seorang penulis lagi, John S. Brubacher dalam buku Modern Philosophiesof Education (1981) menjaring ide-ide tentang pedagogi dengan konsep-konsep berikut:
1.      The school and society
a.       The school and social change
b.      The economic order and education
c.       The politics and education
d.      The State and education
2.      Educational aims
a.       Aims and human nature
b.      Aims and cosmology
3.      Curriculum
4.      Religious education
5.      Moral education
6.      Method
a.       Epistemological aspects of method
b.      Axiological aspects of method
7.      Professional right and duty
a.       Academic freedom and civil liberty
b.      Professional ethic

D.    Augustinian Pedagogy
Augustinus menyediakan prinsip-prinsip yang berfungsi seperti benang-benang untuk dijalin menjadi kain dari karya-karya tulisnya dan kehidupannya. Dari ajarannya untuk para pengikutnya, jelas adanya Augustinus ingin masing-masing pebelajar dan masing-masing komunitas pebelajar menenun benang-benang ini menjadi perjalanan pembelajaran mereka sendiri. Nilai-nilai yang menjadi isi pendidikan Augustinus ada banyak, mulai dari kerendahan hati hingga kegigihan dalam bekerja.

E.     Pedagogi Banks dan Banks
Banks and Banks (1995: 152) mendefinisikan equity pedagogy (pedagogi kesetaraan) sebagai strategi-strategi pengajaran dan lingkungan ruang kelas yang membantu para pebelajar dengan beragam ras, ethnik, dan kelompok budaya menguasai pengetahuan, keterampilan dan sikap yang dibutuhkan untuk berfungsi secara efektif dalam masyarakat yang adil, manusiawi, dan demokratis dan membantu menciptakan dan memlihara masyarakat yang sedemikian ini.



Sumber:
Kesuma Dharma, dkk. 2016. Struktur Fundamental Pedagogik. PT Refika Aditama: Bandung.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengapa Bimbingan Dan Konseling Jarang Ditemukan Di Sekolah Dasar?

Bagaimana Cara Guru BK Menangani Siswa Yang Suka Bolos?

Setelah Lulus S1 Jadi Apa Sih Sarjana BK Itu?