Resume Buku Struktur Fundamental Pedagogik (Struktur Fundamental Pedagogik Umum)
Hakikat
Pedagogik-Pedagogi
Istilah
pedagogi merupakan salah satu konsep muasal dari pendidikan, berasal dari kata “Paedos”,
yang berarti anak laki-laki, dan “agogos” yang berarti mengantar atau membimbing.
Seiring berjalannya waktu, istilah paedagogos berubah menjadi pedagog dan
berlaku sampai saat ini.
A.
Pedagogik
Amerika 1819-1929
Pedagogik
dimasa lalu pernah dianggap terbentuk oleh kemampuan-kemampuan pendidik/pedagog
yang disebut instinct, tact, dan inspirasion (Salvatori, 1995: 233-234). Instinct, tact, dan inspirasion adalah kemampuan bawaan, terbawa ketika individu
dilahirkan.
B.
Pedagogi
Sebagaimana Disarankan Power
Seorang
penulis abad ke-20, Edward J. Power dengan bukunya Philosophy of Educatio, Studies in Philosophies, Schooling and
Educational Policies (1982) memetakan komponen-komponen pendidikan dalam
kaitannya dengan implikasi-implikasi yang ditariknya dari beberapa aliran
filsafat pendidikan. Komponen-komponen tersebut mencakup:
1. Educational purpose
2. The Place of students
3. The Role of teachers
4. Curriculum
5. Method
6. Social education
7. Liberal education
8. Teaching of religion
9. Indoctrination
10. Partisan Teaching dan
11. Scientific humanitarianism
C.
Pedagogi
Sebagaimana Disarankan Brubacher
Seorang
penulis lagi, John S. Brubacher dalam buku Modern
Philosophiesof Education (1981) menjaring ide-ide tentang pedagogi dengan
konsep-konsep berikut:
1. The school and society
a. The school and social change
b. The economic order and education
c. The politics and education
d. The State and education
2. Educational aims
a. Aims and human nature
b. Aims and cosmology
3. Curriculum
4. Religious education
5. Moral education
6. Method
a. Epistemological aspects of method
b. Axiological aspects of method
7. Professional right and duty
a. Academic freedom and civil liberty
b. Professional ethic
D.
Augustinian
Pedagogy
Augustinus
menyediakan prinsip-prinsip yang berfungsi seperti benang-benang untuk dijalin
menjadi kain dari karya-karya tulisnya dan kehidupannya. Dari ajarannya untuk
para pengikutnya, jelas adanya Augustinus ingin masing-masing pebelajar dan
masing-masing komunitas pebelajar menenun benang-benang ini menjadi perjalanan
pembelajaran mereka sendiri. Nilai-nilai yang menjadi isi pendidikan Augustinus
ada banyak, mulai dari kerendahan hati hingga kegigihan dalam bekerja.
E.
Pedagogi
Banks dan Banks
Banks and Banks (1995:
152) mendefinisikan equity pedagogy (pedagogi
kesetaraan) sebagai strategi-strategi pengajaran dan lingkungan ruang kelas
yang membantu para pebelajar dengan beragam ras, ethnik, dan kelompok budaya
menguasai pengetahuan, keterampilan dan sikap yang dibutuhkan untuk berfungsi
secara efektif dalam masyarakat yang adil, manusiawi, dan demokratis dan membantu
menciptakan dan memlihara masyarakat yang sedemikian ini.
Sumber:
Kesuma Dharma, dkk. 2016. Struktur Fundamental
Pedagogik. PT Refika Aditama: Bandung.
Komentar
Posting Komentar